Diberdayakan oleh Blogger.

Sejarah Jenis Gitar : Les Paul

Gitar Les Paul , pertama kali dijual pada tahun 1952 , Gitar Tersebut dirancang
Oleh Ted McCarty yang bekerja sama dengan gitaris ternama Les paul.


Nama gitar dan penemu gitar nya sama ya haha Les Paul
Saya pertama kali tahu jenis gitar tersebut ketika saya mulai suka dengan gitaris ternama, Saul Hudson atau nama panggilannya Slash.

Saya sangat suka kepada jenis gitar les paul, saya punya satu walaupun brand/merk nya bukan gibson tetapi gapapa lah yang penting punya haha. Nah, menurut saya gitar tersebut enak fret nya seperti tahu empuk banget haha tapi ya kaga empuk bgt juga haha nah tapi berat bgt apalagi saya masih kecil ya, umur 12 tahun sudah menggendong gitar tersebut saya belum tahu sih beratnya gitar saya ini berapa tapi kira - kira 6 KG !! , Lhoo kok saya jadi curhat ini-_-. Lanjut aja deh ke sejarah gitar nya haha

Les Paul ini merupakan salah satu yang paling terkenal di dunia dengan Fender Telecaster dan Fender Stratocaster. Model Les Paul adalah hasil kolaborasi desain antara perusahaan gibson dengan gitaris jazz sekaligus penemu jenis gitar Les paul yaitu ya les paul-_-

Ted McCarty menyatakan bahwa perusahaan Guitar Gibson hanya mendekati Les Paul untuk menanamkan nama musisi di headstock untuk meningkatkan penjualan model, dan pada tahun 1951, Gibson hampir menyelesaikan produknya Les Paul.

Sedikit bagian bagian dari gitar les paul ini

Headstock Les Paul





Body Les Paul



Fingerboard Les paul





Hardware Les Paul


Pickups Les Paul (Slash Signature AFD)



NB : Sumber Foto
-http://www2.gibson.com/Products/Electric-Guitars/Les-Paul/Gibson-USA/Slash-Appetite-Les-Paul/Specs.aspx

Foto - foto diatas adalah Les Paul Signature Slash
bedanya dengan Les Paul lainya adalah seperti jenis pickup nya warnya atau mungkin warnanya jenis knobnya  bla bla bla bla bla bla

Karakter Suara :
sound yang dihasilkan gitar ini berdistorsi panjang dengan sustain 20 detik {cocok untuk selera gitaris blues rock pada umumnya}. Ciri khas sound gitar ini mencakup gambaran stinging, swinging, ringing, singing.

Guitarist dunia yang memakai gitar Les Paul :
Gary Moore
Jimmy Page
Joe Perry
Slash
Aldi Raihan*kidding

Haha..
Yaudah sekian dari postingan Sejarah Jenis Gitar : Les Paul 
Terima Kasih :D

1 komentar:

  1. Wah enak ya gan punya gitar les paul di umur 12thn.

    Saya juga kenal jenis gitar ini sejak saya menggemari Guns N' Roses.

    Terimakasih infonya gun

    BalasHapus